Slideshow

Sunday 19 June 2011

Tulisan

Suatu tulisan rintisan adalah tulisan yang pendek (sekitar satu kalimat hingga dua paragraf) dan tidak memberikan informasi secara lengkap, tetapi masih memiliki konteks. Berbeda dengan tulisan tanpa konteks atau yang tidak menjelaskan judul artikel, yang dianggap sebagai tulisan rintisan biasanya memberikan penjelasan yang singkat mengenai subyek artikel serta mengapa artikel tersebut layak dimasukkan ke dalam Wikipedia.
Berikut adalah suatu pedoman umum mengenai struktur suatu tulisan rintisan yang baik:

  1. Definisi dari judul atau subyek halaman, cukup dengan satu kalimat. Judul harus diberi huruf tebal. (misal, "Tono adalah pemain bola basket Indonesia kelahiran Surabaya")
  2. Penjelasan mengapa subyek tersebut cukup penting atau layak menjadi artikel ensiklopedia. Satu kalimat akan cukup memadai. (misal, "Tono merupakan pemain basket Indonesia pertama yang menjadi pemain NBA")
  3. Sertai dengan rujukan yang cukup (misal pranala surat kabar atau kantor berita)
Jika Anda sudah terbiasa dengan Wikipedia, tidak ada salahnya untuk menambahkan hal-hal berikut
  1. Templat rintisan yang sesuai (lihat daftarnya)
  2. Pranala luar yang relevan dengan subyek dalam pembahasan (opsional). (misal, situs pribadi Tono)
  3. Kategori yang cocok. (misal, Olahragawan Indonesia)
  4. Interwiki, jika ada.
  5. Kotak info
  6. Kotak navigasi
Artikel yang cukup lengkap, tapi tidak diwikifikasi atau copy edit dengan baik, umumnya tidak dianggap sebagai suatu rintisan. Artikel-artikel seperti ini harus diberi tag pemeliharaan yang sesuai (misal, {{wikify}}). Meskipun demikian, templat rintisan biasanya tetap diberikan.
Harap diperhatikan bahwa artikel pendek yang mengandung informasi yang terlalu sedikit atau tidak jelas, dapat dinominasikan untuk dihapus atau digabung ke artikel lain yang terkait. Wikipedia bukanlah suatu kamus, tapi memiliki proyek saudara - Wiktionary - yang dapat digunakan untuk memasukkan entri-entri yang layak masuk ke dalam kamus. Jika artikel Anda sangat pendek dan merupakan suatu definisi kata, pertimbangkan untuk memasukkannya ke Wiktionary, atau tambahkan informasi tambahan sehingga layak masuk ensiklopedia.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More